Rabu, 29 Februari 2012

Cara Membuat Memory Virtual (Paging Memory) Pada Windows


Ditulisan saya sebelumnya saya berikan tips untuk membuat komputer lebih cepat salah satunya adalah dengan management paging memory. Paging memory atau dikenal juga dengan virtual memory merupakan memory yang berasal dari HDD dan difungsikan selayaknya memori physical (baca: RAM). Memoy virtual sangat membantu kinerja komputer ketika memory physical sudah habis terpakai oleh suatu program.
Secara default memory virtual ini dialokasikan automatic oleh windows sesuai kebutuhan pada saat itu. Tetapi kita dapat melakukan management alokasi ukurannya. Ukuran optimal paging memory yang dapat kita buat adalah 1,5 sampai 2 kali dari memory physical. Semisal komputer kita memiliki RAM 512 MB, maka ukuran paging memory yang dapat kita buat adalah 768 MB s/d 1024 MB.
Meski paging memory dapat ditaruh di drive C, tetapi hal ini tidak disarankan. Karena drive C merupakan drive operating system terinstall. Hal ini berarti semua proses yag bersifat temporary akan ditaruh di drive C. Jika drive size C terus membengkak dan paging memory ditaruh di situ, kemungkinan windows akan menjadi lambat bisa terjadi.
Berikut cara untuk membuat paging memory:
- Klik kanan my computer, pilih properties
- Klik advanced setting
- Cari bagian performance , klik settings
- Cari tabulasi advanced, pada bagian virtual memory klik change
- Biasanya, secara default seluruh settingan dimanage oleh system, lakukan perubahan dengan pilih custom size.
- Pilih yang drive D, hal ini seperti yang saya jelaskan di awal. Pada isian initial size, isi dengan perbandingan 1,5 kali memory RAM dan maximum size dengan 2 kali memory RAM.
- Klik Set dan OK.
- Lakukan restart komputer untuk melihat perubahan yang terjadi.

Semoga bermanfaat

~agungfebri~

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar