Senin, 27 Februari 2012

Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook

Perkembangan perangkat komputerisasi dewasa ini semakin tidak terbendung. Perangkat komputasi bukan hanya sebagai gaya hidup saja, tetapi menjadi suatu kebutuhan yang harus dipenuhi dalam menunjang operasional sehari-hari.
Sebut saja mulai dari pelajar yang menggunakannya untuk mengerjakan tugas sekolah, toko kelontong dengan aplikasi jual beli hingga kalangan eksekutif untuk analisa suatu project maupun master plan.
Semua ini tidak terlepas dari sejarah komputer yang mulai dari ukuran raksasa hingga menjadi sebuah gadget. Sebut saja Personal Computer yang sangat populer dijamannya hingga tergantikan dengan laptop dan notebook karena kemudahan untuk mobile. Dan yang saat ini nge-trend perangkat tablet dengan life style-nya.
Berikut penjelasan dari berbagai sumber yang saya rangkum, perbedaan dari jenis Laptop, Notebook dan Netbook.
Laptop:
Laptop adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut (sumber: wikipeadia). Kalau dilihat dari definisi tersebut, laptop mengarah seperti fungsi PC tetapi dengan berat lebih ringan dengan layar, keyboard, mouse dan hardware lain dalam satu paket untuk kemudahan mobile/bergerak.
Laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer desktop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada desktop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya.
Notebook:
Kalau diartikan secara harfiah adalah buku catatan. Jadi notebook sebenarnya didesain lebih seperti buku catatan sehingga ukuran dari notebook akan lebih kecil daripada laptop. Dengan ukuran lebih kecil, beberapa perangkat yang ada pada laptop akan dihilangkan seperti CD/DVD ROM.
Netbook :
Memiliki fungsi kurang lebih seperti notebook, tetapi ada suatu tambahan yaitu embeded jaringan internet. Biasanya netbook akan memliki modem internal, mulai dari phone modem sampai wireless modem (GSM/CDMA). Sehingga netbook lebih didesain sebagai perangkat yang terhubung ke dunia internet.
Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa sebenarnya netbook dan notebook merupakan bagian laptop. Karena netbook dan notebook merupakan perangkat komputer jinjing yang memiliki fungsi yang sama dengan pernagkat komputer desktop.

Semoga bermanfaat,

~agungfebri~

Artikel Terkait:

2 komentar:

  1. menarik informasinya gan, klo artikelnya menarik dan sangat saya suka penjelasannya yg cukup menarik lagipula loe, juga bagi teman2 yg suka film box office ampe semi terbaru silakan kunjungi situsnya saya ok, makasi untuk admin situs ini loe, salam blogger indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tengkyu sudah mampir di blog gw...sukses buat Situs Download Film nya

      Hapus