Sabtu, 13 Juni 2020

Command Net User Untuk Melihat Detail Account Domain di Windows 10

Bagi seorang IT yang bekerja di sebuah perusahan yang memiliki system Active Directory tentu tidak asing dengan istilah user account/ user ID. User account ini menjadi pintu gerbang seseorang dapat masuk ke dalam system / domain perusahan. User account ini biasanya terdiri dari username dan password.
Beberapa perusahan menerapkan kebijakan/ policy yang berbeda-beda untuk memperlakukan user account karyawannya. Ada yang mengharuskan karyawan mengganti password apabila sudah berumur sekian hari, melakukan locked account apabila salah memasukan password lebih dari X kali, dll. 
Untuk melihat detil informasi/attribut tersebut sebuah user account, kita dapat menggunakan tools Active Directory User and Computer (ADUC). Tools ini bukan tools default yang ada di windows 10. Untuk mendapatkannya harus melakukan proses instalasi KB tambahan dari Microsoft yang disering disebut KB RSAT (Remote Server Administration Tools) yang dapat di download di wesbsite Microsoft atau disini.

Bagi yang tidak menginginkan install tool tersebut, ada cara lain untuk melihat attribut user account/ user account melalui perintah di Command Prompt yaitu perintah NET USER. Perintah ini dapat digunakan namun tidak selengkap attribut yang dapat dilihat di ADUC.

Format yang digunakan adalah NET USER USER_ID /DOMAIN



Attribut yang muncul dapat dilihat seperti gambar di atas.

Ada beberapa parameter yang mempermudah melihat status account tersebut, antara lain:

  • Account Active : status Yes apabila account aktif, No apabila account disable, Locked apabila account terlock
  • Account Expires : status Never berarti account tersebut tidak akan pernah expired, apabila terisi tanggal tertentu account tersebut akan expired sesuai tanggal tersebut 
  • Password expires : merupakan tanggal password akan expired, user disarankan untuk mengganti password sebelum tanggal tersebut.
  • Global Group membership : berisi informasi member of account/ User ID tersebut memiliki / tergabung pada policy/ akses apa saja, misal mempunya akses folder share XXXX, Menjadi member pada sebuah Distribution Lits (DL) YYYY.
Untuk melihat beberapa perintah dengan command NET USER dapat dilihat di artikel berikut.

Semoga bermanfaat.



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar