Rabu, 29 Februari 2012

Tips Membuat Komputer Running Lebih Cepat


Seringkali saya mendapat pertanyaan dari teman atau user yang menanyakan tips untuk membuat komputernya berjalan lebih cepat. Sebenarnya kalau ditanya seperti itu, bingung juga jawabnya, karena operating system sendiri pasti secara default-pabrikan- sudah dilakukan optimasi untuk runing secara cepat.
Jikalau suatu komputer berjalan lebih lambat dari biasanya, kemungkinan bisa disebabkan karena:
- virus
- Aplikasi yang tidak compatibel (kemungkinan baru install aplikasi)
- Hardware yang tidak compatibel (kemungkinan baru upgrade hardware)
- OS corrupt
Disini saya akan mencoba memerikan tips agar operating system windows berjalan lebih cepat:
1. Gunakan selalu mode best performance (klik kanan my computer -- properties -- advanced system settings -- pada bagian performance, klik setting -- kemudian pilih best performance)
2. Setting paging memory menjadi di drive D dan ukuran optimal adalah 1,5 s/d 2 kali memory physical. Hal ini untuk membuat drive C lebih lega, karena operating system bekerja di drive C. Cara membuat paging memory dapat di lihat di artikel selanjutnya.
3. Non-aktifkan program yang tidak diperlukan ketika windows start up. Caranya, dari RUN ketik MSCONFIG. Cari bagian startup, dan lakukan uncek aplikasi sekiranya yang tidak dibutuhkan ketika start up windows.
4. Jangan gunakan antivirus dalam satu komputer lebih dari 1 jenis. Jikalau harus menggunakan lebih dari 1, gunakan yang antivirus yang kedua dan berikutnya merupakan antivirus portabel (tidak install pada mesin komputer tersebut). Hal ini untuk menghindari program yang bentrok, karena antivirus memiliki suatu algoritma yang yang bisa mengenali antivirus lain menjadi sebuah virus.
5. Install program yang diperlukan. Kadang saya melihat komputer yang memiliki spec. hardware pas-pasan diinstall dengan suatu program/game yang membutuhkan resource tinggi. Secara aplikasi memang bisa running, tetapi hal ini akan sangat memberatkan kinerja dari mesin.
6. Jika Anda sering melakukan browsing, selalu bersihkan cokies dan history website pada browser secara berkala.
7. Lakukan defragment secara berkala.
Semoga tips-tips di atas bermanfaat dan komputer Anda berjalan menjadi lebih cepat.

~agungfebri~

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar