Minggu, 22 Januari 2012

Perbedaan Kecepatan Bit Dan Byte Dalam Dunia Komputer Dan Internet


Istilah bit dan byte tampaknya sangat sederhana namun ternyata sangat membingungkan. Teman sekantor saya bahkan akan melakukan komplain ke salah satu provider internet gara-gara salah paham arti bit dan byte, karena merasa sudah dibohongin dengan penawaran paket internet yang telah diikutinya.
Pada brosur service provider tersebut menawarkan speed sebesar 384 Kbps, tetapi ketika melakukan download speed yang keluar hanya sebesar 37,2 KB/s, sesuai tampilan speed yang keluar pada progress bar Internet Explorer ketika download. Apakah sebenarnya yang terjadi? Apakah memang service provider tersebut melakukan penipuan ke teman saya, karena janji brosur tidak sesuai dengan fakta di lapangan.
Sebenarnya permasalahan sebenarnya ada pada kerancuan penggunaan Byte dan Bit. Kebingungan ini tidak hanya untuk orang yang awam tentang masalah komputer, akan tetapi pelaku teknologi komputasi juga kadangkala lupa akan hal ini.
Satuan yang digunakan untuk menunjukan suatu kecepatan dalam suatu jaringan komputer biasanya menggunakan satuan "Bit". 1 Kilobit sama dengan 1000 bit, dengan kata lain jika ada kecepatan 384 Kbps sama dengan 384.000bit per second.
Nah...ketika kita melakukan download pada dengan aplikasi bawaan browser maupun dengan aplikasi downloader tertentu, satuan yang lazim digunakan adalah dengan menggunakan byte.Inilah yang sering membuat pengguna bingung akan kecepatan yang dimikili pada provider internetnya. Satuan huruf byte dan bit hanya dibedakan dengan huruf "B" besar untuk byte dan huruf "b" kecil untuk satuan bit. Jika kita menemukan 1KBps berarti kecepatan yang berlaku adalah 1 Kilo byte per second, sedang jika ditulis 1Kbps berarti 1 Kilo bit per second. 1 byte sendiri jika kita konversi menjadi satuan bit sama dengan 8 bit (1 byte = 8 bit).
Dengan demikian jika suatu provider internet menulis kecepatan yang akan di dapat 384Kbps mempunyai arti lain kecepatan 48 KBps. Kecepatan tersebut merupakan kecepatan ideal, jika pengguna provider internet tersebut dalam satu kota hanya ada 1 orang. Dan teman saya ketika melakukan download sudah mendapat kecepatan 37,2 KBps merupakan hal yang masih diterima nalar, karena penggunaan resource sharing dari provider internet.

Semoga bermanfaat,

~agungfebri~

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar