Minggu, 15 Januari 2012

Aplikasi Remote Desktop Program Untuk Kemudahan Problem Solving Pada Sistem Operasi Windows


Bagi pengguna Operating System Windows, tidak semua orang mengerti berbagai fitur bawaan windows yang bisa digunakan untuk kemudahan dalam menyelesaikan perkerjaan. Salah satunya adalah Remote Desktop Program (RDP) yang dapat digunakan sebagai sarana remote PC/computer dalam suatu jaringan komputer.
Kemudahan yang didapat dengan aplikasi Remote Desktop Program ini adalah kita dapat melakukan akses remote ke komputer kita selayaknya kita berada di depan sebuah komputer tersebut. Semua aplikasi yang tertanam di komputer, dapat kita jalankan seperti biasa.
Kemudahan yang lain adalah ketika jaringan kita terasa lambat, kita dapat mengatur resolusi layar dari Remote Dekstop Program menjadi lebih kecil sehingga beban jaringan menjadi lebih ringan. Selain itu, kita dapat juga melakukan mapping drive dan printer pada drive komputer yang melakukan remote agar dapat dikenali oleh komputer yang kita remote.
Penjelasan dari microsoft terkait fitur Remote Dekstop Program:
"Remote Desktop in Windows XP Professional provides remote access to the desktop of your computer running Windows XP Professional, from a computer at another location. Using Remote Desktop you can, for example, connect to your office computer from home and access all your applications, files, and network resources as though you were in front of your computer at the office"
Sumber : http://www.microsoft.com/download/en/details.aspx?id=856

Untuk me-enable-kan fitur Remote Desktop Program, agar komputer kita bisa diremote adalah sebagai berikut:
1. Klik My Computer
2. Klik Properties
3. Pilih tabulasi Remote
4. Pada bagian Remote Dektop, Pilih "Allow connections from computer running any version of Remote Desktop (less secure)"
5. Setelah itu, Klik tombol Select User
6. Tentukan user siapa saja yang boleh melakukan Remote Desktop pada computer tersebut. Untuk user yang masuk group Administrator otomatis ter-granted memeliki akses untuk melakukan Remote Desktop.
7. Klik Apply dan OK, service Remote Desktop Program sudah bisa dijalankan untuk computer tersebut.


Untuk Computer yang akan melakukan remote, untuk membuka aplikasinya adalah:
1. Klik Start
2. Pilih All Program
3. Pilih Acesories
4. Klik Remote Desktop Connection
5. Pada text box computer : Masukan Hostname atao IP Address computer yang berada dalam satu jaringan dengan kita.
6. Klik Connect nanti akan muncul form username dan password. Isi sesuai dengan username windows dan password yang ada pada computer yang telah disetting enable Remote Desktopnya tadi.

Untuk komputer yang beda segment IP-nya, agar komputer tetap bisa diremote, maka setingan firewall Remote Dektopnya dirubah dari segment local menjadi segment any IP Address.

Semoga Bermanfaat

~agungfebri~

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar