Senin, 23 Agustus 2010

Cara Mengatasi Problem Email pada Outlook Express 6 Tidak Bisa Send/Receive


Pagi ini ada user yang menelepon saya bahwa selama 2 hari emailnya tidak dapat masuk. Ketika di klik tombol send/receive selalu muncul error pada proses receive-nya tetapi untuk proses send-nya normal alias aman-aman saja. Saya sih langsung curiga, problemnya kemungkinan ada pada store folder inboxnya karena telah melebihi quota yang disarankan microsoft. Langsung deh ke TKP (Tempat Kejadian Perkara) untuk mengecek kondisi email user tersebut. Ternyata perkiraan saya tidak meleset, store folder untuk inboxnya berukuran lebih dari 2 GB. (wedeh….sampe segitu isinya apa aja yak….??? apa video nya Ariel dan Luna Maya….. hehehe….)
Cara lihat store folder inboxnya bagaimana sih kok tahu ukurannya lebih dari 2 GB? Pada Outlook Express 6 klik tools ---> option ---> pindah ke tabulasi Maintenance ---> ada tombol Store Folder ---> Klik akan muncul patch dimana email kita disimpan. Copy patch tadi dan masuk ke run dari start menu dan paste. Seketika akan muncul halaman baru dimana kita akan melihat store file dari masing folder yang ada di Outlook Express 6 kita dalam bentuk file berextension .dbx.
Solusinya bagaimana sih kalau sizenya melebihi dari 2 GB. Ada beberapa cara untuk mengatasinya, tetapi disini saya akan menulis 1 cara saja terlebih dahulu (untuk cara berikutnya akan menyusul…hehehhehe….). Cara ini cukup mudah dan singkat. Tekniknya sih sederhana yaitu dengan mengarahkan store file inbox ke store file baru.

  • Pertama, buka Outlook Express 6 dan buat sembarang folder di root utama misal dengan nama inbox_old. Jika sudah terbuat folder inbox_old coba klik agar disisi store foldernya terbentuk juga file inbox_old.dbx. Selanjutnya tutup Outlook Express 6.

  • Buka store folder Outlook Express 6 dan cari store file yang baru saja kita buat (inbox_old.dbx) dan hapus

  • Rename file inbox.dbx dengan nama sama persis dengan file yang baru saja kita hapus (inbox_old.dbx). Disini saya tegaskan rename menjadi sama persis baik ejaan huruf besar kecilnya maupun spasinya.

  • Jika sudah melakukan langkah diatas, coba buka Outlook Express 6 lagi. Secara otomatis, folder inbox akan tercreate baru dengan isi kosong dan isi inbox email yang lama kita akan berpindah ke folder inbox_old. Secara file, di store folder nanti juga otomatis akan muncul sendiri file inbox.dbx. Coba lakukan send/receive.

  • Semoga berhasil, jika cara ini masih belum berhasil, tunggu tulisan saya berikutnya. Disini nanti kita akan menggunakan tool dari pihak ketiga (third party) yang tentunya berlicense.

 


Artikel Terkait:

6 komentar:

  1. mas aq mau tanya, outlock express d komputer ku ga bisa buka email, padahal d identitis'y ada email..

    BalasHapus
  2. @Purna : Mas Purna, ada message errornya ga waktu buka OE-nya? pastikan store root di registrynya sudah benar.

    BalasHapus
  3. cara bikin aoto emaik masuk ke aoutlock gmana ya

    BalasHapus
  4. @mas febry : thx sharing ilmunya....
    berhasil juga

    BalasHapus
  5. @Mas Agung : Kasus saya sama dengan Purna, email di inboxnya sama sekali tidak terbaca karena di identitiesnya sudah 2,097 GB. Ada cara untuk memperbaiki atau membuat agar email di inbox tsb dpt terbaca kembali? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa menggunakan aplikasi Advanced Outlook Express Repair (AOER). Nanti scan .dbx nya akan dipecah menjadi mail per mail. Karena prosesnya lama usahakan dikerjakan pada komputer dengan spec tinggi dan pada malam hari :).

      Hapus