Senin, 23 Agustus 2010

Mempercepat Waktu Delay Pada Windows XP


Hari ini teman yang mengeluhkan waktu delay di desktopnya sangat lama. Padahal kemarin baru saja upgrade memory RAM komputernya. Teman saya tersebut bertanya kepada saya, apakah windowsnya bermasalah atau memang ada yang problem di sisi hardwarenya. Sebenarnya cepat atau tidaknya delay itu sangat tergantung dengan kebiasaan, karena hitungannya hanya sepersekian millisecond. Sebagai contoh saat kita mengklik menu start akan terdapat jeda waktu beberapa detik sampai munculnya menu start tersebut. Waktu jeda ini dapat dipersingkat sehingga waktu antara mengklik command menu hingga sampai munculnya menu tersebut dapat dipercepat.
Secara default, Microsoft Windows memberikan waktu jeda tersebut sekitar 400 milisecond. Kita bisa merubah angka tersebut menjadi lebih cepat atau lebih lambat tergantung selera kita. Semakin kecil angka yang kita masukan semakin cepat delay/waktu jeda yang akan tampil. Untuk merubahnya, kita dapat melakukan dengan merubah di registry windows, yaitu:

  • Klik start pilih run dan ketikan regedit untuk masuk ke registry editor.

  • Carilah key HKEY_CURRENT_USER ---> Control Panel ---> Desktop

  • Pada jendela sebelah kanan, cari string value MenuShowDelay, kemudian double klik string tersebut.

  • Akan muncul pop up windows untuk melakukan edit value pada string tersebut. Secara default seperti yang saya tulis tadi berisi angka 400, kita dapat merubahnya sesuai dengan keinginan kita misal disini dirubah menjadi angka 200. (Semakin kecil angkanya semakin cepat waktu delay-nya, nilai bisa 0)

  • Jika sudah dirubah, klik OK dan restart computer kita.

  • Setelah login, coba rasakan perbedaannya, semoga berhasil.
~agungfebri~

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar