Senin, 23 Agustus 2010

Mencegah Virus Menyerang Komputer (pada Sistem Operasi Microsoft Windows )


Memang benar kata pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati. Begitu juga berlaku pada computer. Lebih baik mencegah computer kita terserang virus daripada terlanjur diserang sebuah virus. Apalagi perkembangan teknologi virus computer sudah sangat pesat sekali, terutama virus local
Indonesia. Hebat yak……orang Indonesia jago-jago membuat virus. Ini sebuah kebanggaan atau sebuah kenaifan semuanya tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Kalau dari sisi pengetahuan ini adalah sebuah kebangaan dan kemajuan yang sangat bagus. Tetapi jika dari dilihat dari sisi dampak yang ditimbulkannya, menjadi sebuah kenaifan.
Disini saya akan mencoba menuliskan beberapa tips dan trik untuk pencegahan virus agar tidak menyerang computer kita. Tulisan ini berdasarkan beberapa kejadian yang dialami penulis selama menjadi jongos IT IT Support di sebuah perusahaan swasta Indonesia. Jika master-master computer security sempat membaca tulisan saya ini, mungkin bisa menambahkan tips dan triksnya sehingga pembaca yang lain tahu bagaimana cara/teknik membuat computer aman dari serangan virus.
Beberapa tips tersebut, antara lain:

  • Usahakan kita bekerja dengan menggunakan user privilege
    Hal ini karena kebanyakan virus, pada proses awal penyerangan dia akan merubah nilai dari registry windows. Kalau kita menggunakan privilege user, virus hanya akan bisa menyerang/merubah nilai pada key HKEY_CURRENT_USER. Virus tidak akan bisa merubah nilai pada HKEY_LOCAL_MACHINE dan key-key yang lainnya dimana konfigurasi Windows disimpan. Karena privilege user hanya mempunyai otorisasi untuk merubah nilai pada profilenya saja tanpa bisa mengotak-atik konfigurasi system windows ataupun aplikasi yang terpasang. Jadi jika virus sampai menyerang computer kita pada privilege user, kita tinggal hapus saja profile tersebut dan create profile ulang.

  • Pasang Antivirus
    Sudah pasti hal ini sangat penting kalau menginginkan computer kita aman dari serangan virus. Karena begitu vitalnya antivirus pada sebuah system operasi, Microsoft Windows pasti akan memperingatkan kita kalau sampai computer tidak terpasang/terinstall. Mungkin pertanyaan kita apakah antivirus terbaik/recommended? Kalau menurut saya sih, semua antivirus bagus. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semuanya tergantung pada selera kita mau memakai antivirus apa.

  • Selalu lakukan Update Patch Windows dan Definitions Update Antivirus
    Update Patch Windows sangat berguna karena untuk penyempurnaan aplikasi/program bawaan windows dan sebagai keamanan dari windows itu sendiri. Karena ketika system operasi diluncurkan, biasanya masih banyak bug/kelemahannya. Hal ini yang membuat Microsoft terus melakukan perbaikan-perbaikan dan membuat patch-patch sehingga aplikasinya menjadi lebih sempurna.
    Definitions Update Antivirus biasanya dapat dilakukan secara otomatis jika kita mempunyai koneksi internet. Sebagus apapun antivirus kita, semahal apapun license antivirus yang kita beli, kalau antivirus tidak pernah diupdate, itu sama halnya bohong. Karena library yang dimiliki antivirus tersebut hanya pada waktu antivirus tersebut terakhir terupdate, sehingga tidak akan bisa mengenali virus-virus keluaran terbaru.

  • Selalu lakukan Scanning Antivirus secara berkala dan selalu Scanning Removeable Disk
    Luangkan waktu minimal satu bulan sekali untuk melakukan scanning antivirus pada computer secara total. Hal ini bisa dilakukan jika definition update antivirus kita sudah terupdate dengan definition update terbaru. Dan jangan lupa ketika setiap kali menancapkan removeable disk selalu lakukan scanning antivirus. Karena removeable disk merupakan salah satu media terbanyak dan tercepat penularan virus selain internet.

 
Demikian tips-tips untuk mencegah
virus menyerang computer kita, semoga bermanfaat.
~agungfebri~

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar