Selasa, 06 Desember 2011

Tehnik Memperbaiki HardDisk Jarum Head Keluar Jalur


Ngobrol dengan seorang expert hardware dari kota kembang, akhirnya saya dapat ilmu baru untuk memperbaiki HardDisk yang rusak yang disebabkan jarum head keluar jalur. Indikasinya adalah kinerja HardDisk mulai bunyi "tek..tek..tek.." dan jika dipakai tiba-tiba muncul Blue Screen.
Ada 2 tehnik yang dapat dipakai jika HardDisk tersebut sudah sangat parah bunyinya dan frekeunsi Blue Screen-nya semakin sering.
1. Cara pertama adalah dengan Tehnik Ketok
Cara ini adalah dengan melakukan ketok pada tengah-tengah body HardDisk. Jangan terlalu kuat dan jangan terlalu lemah. Cukup satu kali ketok aja. Kita bisa menggunakan palu kecil atau kepalan tangan kita.
2. Cara kedua adalah Tehnik Freezer
Cara ini adalah dengan mendinginkan/membekukan HardDisk dalam freezer. Bungkus HardDisk dengan alumunium foil. Bungkus dengan sangat rapat, kemudian masukan dalam kotak plastik (disarankan dari produk Tupperware karena sangat rapat sekali). Hal ini untuk menghindari ada embun yang masuk ke dalam IC/Board HardDisk yang dapat mengakibatkan short arus jika dipasang lagi. Masukan HardDisk dalam freezer selama kurang lebih 24 jam.
Usahakan jika sudah melakukan tehnik-tehnik di atas dan HardDisk sudah bisa berjalan kembali normal, secepatnya lakukan backup ke HardDisk lain. Karena tehnik di atas tidak dapat dijalankan dua kali untuk HardDisk yang sama.

Semoga bermanfaat.

~agungfebri~

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar