Jumat, 09 Desember 2011

Cara Simple Blokir Situs/Web Tertentu


Seringkali kita harus melakukan blokir sebuah halaman web/situs pada komputer pribadi/warnet dengan alasan content yang tidak sesuai untuk keluarga/pengunjung warnet. Ada banyak program yang ditawarkan dalam internet, mulai dari yang free of charge sampai berbayar puluhan dolar. Selain aplikasi, ada tehnik untuk blokir content porno dengan mengarahakan DNS komputer kita ke DNS server Nawala.
Disini saya akan menuliskan beberapa trik untuk blokir halaman web secara sederhana. Langkah2 nya:
1. Buka Windows Explorer
2. Cari patch C:\Windows\System32\drivers\etc3. Pada Folder etc, ada file host, klik kanan open with notepad
4. Pada bagian di bawah 127.0.0.1 tulislah 127.0.0.2 dan seterusnya sesuai kebutuhan, untuk resolve namenya, ganti dengan halaman web/situs yang kita ingin blokir
contoh:
127.0.0.3 yahoo.com #ini akan memblokir halaman yahoo.com
127.0.0.4 google.com #ini memblokir halaman google

Tehnik ini sebenarnya mengakali cara kerja dari sebuah browser, karena setiap ada request sebuah web address/url, web browser akan melakukan check ke dalam file host tadi untuk diketahui resolve ke IP mana. Jika di file host tadi tidak ditemukan untuk resolve IP-nya, maka akan dilakukan ke DNS server. Nah...yang kita lakukan adalah melakukan mapping sebuah halaman web/situs yang ingin kita blok ke localhost sendiri. Jadi otomatis, halaman web tidak akan ditemukan.

Semoga bermanfaat.

~agungfebri~

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar