Rabu, 14 Desember 2011

Menghitung Hari Kerja Pada Microsoft Excel 2007


Sering kita kesulitan untuk menghitung hari kerja dari tanggal X ke tanggal Y. Hal ini dapat dipermudah jika kita menggunakan microsoft excel 2007 dengan menggunakan rumus =NETWORKDAYS().
Format yang digunakan adalah =NETWORKDAYS(tanggal start;tanggal selesai;range hari libur). Networkdays otomatis menghitung hari minggu sebagai hari libur, dan untuk hari libur nasional, kita dapat menambahkan tanggal-tanggalnya pada range hari libur.
example:
Semisal kita mempunyai tanggal start di cell B2 dan cell C2 untuk tanggal selesai.
Untuk range hari libur nasional kita mempunyai range pada cell C10:C15, maka rumus/formula nanti yang dapat digunakan adalah: =NETWORKDAYS(B2;C2;C10:C15).
Perhitungan di atas otomatis akan meng-exclude hari minggu dan hari libur sesuai tanggal yang kita tentukan di range C10:C15.
Untuk menghitung rentang dari tanggal tertentu ke tanggal hari ini, kita juga dapat menggunakan rumus ini dengan kombinasi rumus =NOW().
example:
Tanggal start pada cell C2 dan tanggal selesai hari ini (now). Kita mengesampingkan hari libur nasional, maka rumus yang dapat digunakan: =NETWORKDAYS(C2;NOW())
Rumus tersebut akan menghitung rentang hari kerja mulai tanggal pada C2 sampai hari ini/sekarang ketika kita membuka workbook.

Semoga bermanfaat.

~agungfebri~

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar