Jumat, 27 Januari 2012

Hasil Printing Printer Dotmatrik Epson LQ2190 Terpotong


Meski kelihatan teknologi jadul, penggunaan printer dotmatrik masih tidak bisa tergantikan dengan printer-printer tipe terbaru (misal : deskjet, inkjet, laser). Hal ini karena untuk printing di kertas carbon dan continous form dimana belum bisa diaplikasikan jika menggunakan printer jenis ink maupun laser.
Melihat peluang yang begitu besar, terutama untuk proses cetak perkantoran, produsen printer dotmatrik terus melakukan inovasi-inovasi dan meng-upgrade produknya dengan seri dan tipe terbaru. Sebut saja pabrikan epson mengeluarkan printer tipe LQ2190 untuk upgrade tipe printer LQ2180 yang sangat handal.
Namun kadang beberapa mesin baca: PC/CPU/NB) dan Operating System menemukan kendala ketika berhubungan dengan device model baru. Hal ini saya temukan beberapa PC, dimana ketika proses printing dengan Epson LQ2190 hasil terpotong 0,5 cm - 1 cm disebelah kanan. Padahal jika test printing menggunakan tipe LQ2180, hasil printing normal.
Sudah dicoba dengan menurunkan versi driver maupun dengan menaikan versi driver hasilnya masih terpotong. Bahkan sempat saya lakukan dengan mengganti tipe driver ke tipe Epson LQ2180 hasilnya malah keluar bahasa mesin :D.
Akhirnya, mendapat pencerahan dari seorang teman di bekasi, kemungkinan karena epson tipe LQ2190 ada settingan untuk printable area dimana settingan default adalah standard. Setingan yang harus digunakan adalah maximum.
Berikut langkah-langkahnya (bagi pengguna operating system microsoft windows):
1. Masuk ke Control Panel
2. Buka menu Printer (dengan klik 2 kali)
3. Klik kanan printer LQ2190 -- pilih Printer Properties
4. Cari tabulasi Device Seting
5. Cari bagian Printable Area, rubah nilai dari standard menjadi Maximum
6. Jika muncul pop up peringatan, klik Ok
7. Aplly dan OK
Setelah setting printable area menjdi maximum, beberapa kali pengalaman hasil printing sudah tidak terpotong lagi.

Semoga bermanfaat.

~agungfebri~

Artikel Terkait:

1 komentar:

  1. om, numpang tanya.
    kalo seting size kertas continous (golden form)pada epson lq-2180 di windows-7 gimana ya om ?
    tolong infonya ?

    BalasHapus