Rabu, 14 Desember 2011

BIOS Tidak Dapat Save Dan Edit Setting


Dapat ilmu dari seorang expert di Jember untuk penanganan komputer yang tidak dapat save perubahan dan editing yang telah kita lakukan pada BIOS. Gejala awal problemnya, kita tidak dapat melakukan F10 pada BIOS. F10 = Save and Exit. Jadi semua settingan yang telah lakukan, ketika keluar BIOS tidak dapat tersimpan pada IC BIOS.
Coba oprek BIOS dengan melakukan restore to default setting, hal ini berarti kita melakukan reset semua settingan ke settingan pabrikan. Seperti kita membeli manboard baru dimana settingan semua menjadi standar. Melalui cara ini juga tidak berefek banyak.
Tanya sana sini, ada menyarankan untuk upgrade versi BIOSnya, ada yg untuk ganti Mainboardnya, dll. Dari seorang expert di Jember, disaranakan untuk reset baterai CMOSnya terlebnih dahulu sebelum melakukan hal-hal yang lain. Kalau reset baterai CMOS tidak berhasil, bolehlah melakuan upgrade BIOS ataupun ganti mainboardnya.
Coba dilakukan reset baterai CMOS dengan cabut baterai CMOS, tunggu beberapa saat dan pasang lagi. Setelah melakukan ini, dan masuk ke menu BIOS lagi, saya sudah bisa melakukan F10. Sehingga BIOS sudah kembali berjalan dengan normal.

Semoga bermanfaat.

~agungfebri~

Artikel Terkait:

2 komentar:

  1. mungkin udh 50 bloger orang udah saya kunjungi.
    cuma cara ini yang berhasil buat mobo saya...
    makasih bang... semoga lancar n sukses terus buat bagi" ilmunya :)

    BalasHapus
  2. makasih boss infonya Mantap MazZoLanK

    BalasHapus