Sabtu, 14 Agustus 2010

Cara Mengatasi Layar Hitam (blanked) dan tidak bisa booting ke BIOS/Operating System pada Acer Aspire One tipe AOA 150 series dan AOA 110 series.

Baru-baru ini netbook teman, Acer Aspire One tipe AOA 150 tidak bisa booting ke Windows maupun ke BIOS. Teman saya tersebut hanya bilang kalau semalam netbooknya dipakai dan lupa discharge sampai baterainya ngedrop. Ciri-cirinya, ketika tombol on dipencet, lampu indicator on saja yang menyala, lampu indicator HDD, capslock, dll tetap mati dan layar monitor hitam saja.


Akhirnya, saya berinisiatif untuk mencopot baterainya dan memasangkan lagi baru menghidupkan. Tetapi kondisi netbook masih tetap layar hitam. Saya coba lagi dengan dengan mencopot baterai dan menancapkan chargernya kemudian menghidupkan tanpa baterai, tetapi kondisi masih sama.

Saya berpikiran, apakah konektor dari mainboard ke layar monitornya lepas. Saya mencoba dengan mencari monitor PC dan ditancapkan ke port VGA di netbooknya. Keadaan juga masih sama, not responding.

Setelah bertanya ke Mbah Google, dengan keyword “acer aspire one layar hitam tidak bisa booting” akhirnya menemukan penyebabnya, yaitu BIOS-nya harus di flash ulang, dengan cara sebagai berikut:

1. Download BIOS dengan update terbaru dari situs ACER INDONESIA (pilih menu Service & Support  Driver download  Netbook  Aspire One  AOA 150  Windows XP pilih tabulasi BIOS) dengan nama file “BIOS for AOA110 & AOA150 only.zip”

2. Extract file yang baru saja didownload tadi dan buka folder DOS_FLASH dan cari file FLASHIT.EXE dan 3310.FD. Rename file 3310.FD menjadi ZG5IA32.FD.

3. Format flashdisk dan copykan kedua file tadi (FLASHIT.EXE dan ZG5IA32.FD)

4. Pastikan baterai terpasang dan tancapkan chargernya (power adaptor) Acer Aspire One.

5. Tancapkan flashdisk yang sudah beriri kedua file tersbut.

6. Tekan tombol Fn + Esc secara bersamaan kemudian tekan tombol power. Lampu indicator power akan berkedip-kedip kemudian lepaskan tombol Fn + Esc + Tombol Power.

7. Proses flashing BIOS sedang berjalan, tunggu sampai selesai kurang lebih 1 s/d 10 menit dan berdoalah tidak terjadi apa-apa 

8. Jika proses flash berhasil, maka netbook akan otomatis reboot sendiri dan booting dengan normal (bisa meload BIOS dan operating systemnya).

9. Jika tidak berhasil silakan diulangi langkah-langkah di atas.

Artikel Terkait:

11 komentar:

  1. Tips yang bermanfaat..
    Terimakasih sudah berbagi :)
    Kalau ada saran dan kritik ttg Acer, silakan kunjungi website kami ya di http://acerid.com

    BalasHapus
  2. @Dr. Acer : Sama2... semoga artikelnya bermanfaat bagi pengguna produk Acer.

    BalasHapus
  3. apakah sama jika netbooknya merek toshiba?

    BalasHapus
  4. @Kanjenk: sejauh yang saya coba, trik ini hanya bisa untuk NB tipe Acer Aspire One karena BIOSnya problem. Untuk merk lain (toshiba) belum pernah saya coba.
    Mungkin bisa nanya ke service centre resmi toshiba langsung.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  5. Gan semalam Netbook ane jga gitu tapi pakai HP mini
    gmana nich gan, Tolangin yaa

    BalasHapus
  6. masih ga bisa gan, flashdisknya ga boleh dari 2G ya? terus file nya harus rename dulu. untuk tipe ini saja atau tipe lain juga harus rename.
    http://robephone.blogspot.com

    BalasHapus
  7. Apa data akan ke wipe bang?

    Dani

    BalasHapus
  8. kalo laptop acer aspire 4752 gimana?

    BalasHapus
  9. Aspire One Happy N57C ada 3 file
    FLASHIT
    PAV70D2.fd
    PAV70D3.fd
    Apa yg harus sy rubah, tolong infonya. Makasih

    BalasHapus
  10. min
    apa ada resiko jika proses ini gagal?

    BalasHapus
  11. Untuk ze6 waktu aku download bioskop nya gak ada tuh file flashit n yang berformat fd. Gimana dong min

    BalasHapus