Rabu, 04 April 2012

Antivirus Gratis Yang Paling Handal Dan Terbaik

Pagi ini salah satu user saya menelpon jika mengalami masalah. Semua file dalam flasdisknya hilang dan berubah menjadi shortcut file. Padahal user tersebut merasa tidak pernah melakukan delete maupun cut file-file yang ada di flashdisk miliknya.
Selidik punya selidik, ternyata user tersebut baru saja bermain internet di warnet dan melakukan download. Kemudian file tersebut dicopy ke dalam flashdisk. Kalau seperti ini biasanya kemungkinan bisa disebabkan karena virus yang melakukan hidden file.
Coba melakukan scanning dengan antivirus, dan akhirya memang ditemukan beberapa virus. User saya tersebut bertanya kepada saya, sebenarnya antivirus apakah yang paling handal/terbaik. Saya sendiri juga bingung menjawab pertanyaan ini. Karena menurut saya, antivirus baik itu jika memiliki kriteria sbb:
1. Antivirus yang terpasang pada komputer kita selalu update dengan definition virus terbaru. Ya iyalah...orang bilang antivirus A baik tetapi definition virusnya sudah kadaluwarsa. Kalau ada virus dengan varian terbaru juga pasti akan keok.
2. Antivirus tersebut tidak membuat lemot kinerja komputer. Antivirus canggih jika proses autoprotect nya membuat komputer lambat juga bohong. Antivirus malah seperti virus ini namanya, membuat semua proses terblok.
3. Antivirus tersebut menyediakan fasilitas autoprotect/active scanning. Hal ini untuk proses guarding/tameng jika sewaktu virus masuk/menyerang tanpa kita sadari. Kalau autoprotect tidak jalan, ya percuma saja, virus bisa masuk ke dalam system dan menggandakan diri.
4. Antivirus tersebut dapat mengenali thread dengan yang dianggap aman dan mana thread yang memang virus. Akan jadi aneh jika setelah komputer terinstall antivirus dan membuka aplikasi office tiba-tiba menutup sendiri dan dinyatakan bahwa aplikasi tersebut merupakan virus oleh antivirus. Jadi, disini antivirus harus memliki metode yang heuristic untuk membedakan mana thread virus dan mana thread aplikasi biasa.
Kalau anda melihat blog saya ini secara keseuluran, pasti anda akan tahu antivirus apa yang saat ini saya gunakan. :)

Semoga bermanfaat.

~agungfebri~

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar