Jumat, 30 Maret 2012

Notebook Hanya Menampilkan Karakter Numeric/ Angka

Kadang problem yang terjadi pengguna komputer aneh-aneh saja. Ada yang kalau dirasa tidak masuk akal dan sepele tetapi menjadi heboh. Seperti halnya yang dialami salah satu user saya di kantor.
Pagi-pagi telpon saya:
User : Mas..minta tolong..notebook saya sepertinya rusak keyboardnya. Bisa minta tolong untuk cek.
Saya : Rusaknya bagaimana Pak?
User : Kalau di tekan tombol tertentu tidak bisa, seperti tekan huruf K malah muncul angka 2. Sudah direstart berkali-kali masih seperti itu.
Saya : Coba saya cek dulu ya Pak
User : Boleh Mas, ini kemarin saya bawa ke toko komputer, dan menurut toko komputernya harus ganti keyboardnya. Harganya sekitar 250rb sampai 350rb. Cuman saya tidak begitu yakin klo rusak separah itu. Masalahnya, saya nanya pengerjaan berapa lama, katanya ditunggu bisa. Asumsi saya klo rusak, harus nginap, minimal 1 hari, karena harus bongkar. Saya jadi curiga Mas, rusak beneran apa cuman settingannya aja
Saya : iya Pak.
Trus saya coba cek, kok tidak semua tombol yang muncul karakter numeric. Berarti problem memang bukan hardwarenya dan ternyata benar, problem karena NB tersebut dalam mode NumLock. Kemungkinan user tersebut salah pencet tombol Fn+NumLock.
Ya jelas aja, tombol yang berfungsi ganda jika numlock aktif, maka otomatis berubah menjadi angka. Dan dengan menekan Fn+Numlock sekali lagi, kondisi keyboard sudah normal.
User saya pun senang, karena tidak jadi ditipu oleh toko komputer yang menyarankan untuk ganti keyboard Notebooknya seharga 250rb. Ya yang ga habis pikir, kok masih ada juga yang mencari rezeki seperti toko komputer itu. Hanya karena settingan yang salah, harus berbohong ke pelanggan agar dagangannya dibeli. Semoga toko seperti itu diberi pencerahan. Amin.

Semoga bermanfaat.

~agungfebri~

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar