Selasa, 23 Agustus 2011

Printer Dotmatrix Berhenti Ketika Proses Printing (Epson LX300, Epson LQ2180, Epson LQ300)


Printer Epson LQ 2180, LQ 300 dan LX 300 merupakan salah satu jenis printer dotmatrik yang sifat kerjanya secara mekanikal. Tipe-tipe jenis ini jarang sekali mengalami kerusakan system/ mainboard. Kerusakan terbanyak biasanya pada mekanik printer yang dapat kita betulkan sendiri dengan cepat dan mudah.
Salah satu problem yang sering terjadi adalah pada saat proses printing tiba-tiba head berhenti bergerak dan tersangkut di tengah/ di pinggir. Hal ini biasanya karena printer tersebut sudah cukup berumur atau lebih dari 2 tahun.
Penyebab macetnya adalah besi bulat dan panjang yang terdapat pada bagian tengah yang berfungsi sebagai penyangga head dan sebagai track head bergerak ke kanan dan ke kiri sudah tidak licin/ aus.
Solusi jika seperti itu adalah lakukan pemberian minyak pelumas pada besi pengangga tersebut secara merata. Lakukan tes dengan menggeser head ke kiri dan ke kanan hingga terasa licin (waktu menggeser usahakan dalam kondisi printer off). Selanjutnya lakukan test print untuk melihat hasilnya, jika di dapati masih problem (printing selalu nyangkut di tengah) sepertinya harus di repair ke vendor karena kemungkinan headnya problem atau sensor kertasnya yang rusak.
Semoga membantu dan bermanfaat.

~agungfebri~

Artikel Terkait:

16 komentar:

  1. makasih banyak ya gan, sangat membantu, jadi tau penyebabnya . . . ternyata besi penyangganya yang pered, solusiya dikasih minyak pelumas.

    BalasHapus
  2. Terimakasih Mas Agung, artikelnya sangat membantu, sekalian salam kenal dari saya. Sukses bloggingnya.

    BalasHapus
  3. makasih banyak
    jadi tahu
    ga jadi deh ketempat service

    BalasHapus
  4. Terimakasih unt pembahasan tentang printer dotmatrix yang rusak . Semoga blognya tambah rame. Salam kenal. Maaf Numpang promo pak kali aja ada yang cari 'service printer panggilan surabaya' . terimakasih pak admin.

    BalasHapus
  5. kalau lx 300++ hasil putus dan yang Bermasalah bukan jarum atau kabel head gmn cara ceknya mas?? karena mungkin spul head.transistor yg diboard yg mengalami kerusakan .. Tlng bls ya mas ..trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kemungkinan kabel head printer yang putih yang langsung ke boardnya. saya juga ngalamin seperti itu jika bukan karena headnya.

      Hapus
    2. punyaku LX-300+II, sering macet ketika dipakai ngeprint struk kolektif, wah sangat menyusahkan...apa lagi kesempatan ngeprint hanya sekali/// kira kira apa bro masalahnya??

      Hapus
  6. Termikasih pak atas saran ny, sangat membantu :)

    BalasHapus
  7. wah bermanfaat banget nih, dari td printer LX di kantor macet mulu, mana buat ngprint invoice kasian customer sampe nungguin buat beli ac (air conditioner) sampe nunggu benerin printer LX. trnyata bener aja besi headnya kurang licin..

    BalasHapus
  8. Klo pinya sya lq300+11 maslahnya jika untuk ngeprin malh gak mau berhenti sampe kerta habis baru diem itu gimn gan mhn untuk pengarahanya trim

    BalasHapus
  9. Kebetulan sekali saya ingin bertanya mengenai Printer Epson LQ 2180 ? saya menggunakan printer tersebut sudah lama, tetapi setelah saya tidak gunakan, kenapa tinta printer tersebut tidak mau keluar yah. Dan disini ingin bertanya bagaimana cara mengatasi keringnya tinta printer setelah printer tersebut sudah tidak digunakan. Padalah saya tutupin menggunakan lakban, tetapi sama saja.

    BalasHapus
  10. Hingga saat ini tempat saya bekerja masih menggunakan Epson LQ 300 padahal udah lama dan banyak sekali ketika mencetak surat jalan sparepart ac. Tapi, masih memiliki kualitas yang baik.

    BalasHapus
  11. Kk print dikantor saya kadang suka print ketengah kadang kepinggir

    BalasHapus
  12. Terimakasih info dan triknya kakak, sangat mengedukasi.

    BalasHapus