Minggu, 29 Juli 2012

Hati- Hati Penipuan Via Telepon

Hati-hati untuk teman-teman pembaca terkait maraknya penipuan via telepon yang akhir-akhir ini sering terjadi. Saya barusan saja ditelepon oleh salah satu nomor yang tidak saya kenal dan langsung memancing informasi pribadi.
Nomor telpon yang digunakan adalah 085770332449.
Ketika diangkat tidak langsung memperkenalkan nama maupun identitas. Langsung menanyakan:
"Kamu dimana?"
"Posisi dimana?"
"Masih kenal suara saya ga? "
"Coba ingat-ingat dah... masak ga kenal suara saya? "
Klo kita coba mengingat, dia akan mencoba menjadi orang yang benar-benar kita kenal. Ketika saya menyebut nama salah seorang teman, langsung dia bilang "Lha kamu pikir sapa...iya..saya memang (sebut nama) "
Nah...ini aka menggiring kita ke posisi bahwa dia memang teman kita. Dia langsung bercerita kalau lagi di pos polisi suatu perempatan dan akan ditilang. Dia meminta tolong untuk bilang ke seorang polisi bahwa dia lupa bawa surat kelengkapan kendaraan dan bersedia untuk membantu mengambilkan surat2.
Telepon akan beralih ke seorang yang mengaku polisi dan bilang "teman kamu akan saya tilang jika tidak dapat menunjukan surat2 kelengkapan "
Intinya, polisi tersebut akan melakukan proses hukum kepada seseorang yang mengaku teman saya, kecuali saya dapat membantu dengan melakukan transfer pulsa ke nomor tertentu (saya lupa mencatatnya) sebesar 100 ribu.
Ketika polisi tersebut mengatakan hal seperti itu, langsung dalam benak saya ini adalah penipuan. Kebetulan saya lagi di depan komputer dan search dengan keyword 085770332449 di google. Terlihat jelas bahwa nomor tersebut merupakan nomor untuk penipuan via telepon.

Hasil Pencarian Google Nomor 085770332449

Untuk teman-teman pembaca, berhati-hatilah jika menerima telepon dari nomor yang tidak dikenal. Bukan untuk berprasangka buruk, tetapi hal ini untuk keamanan kita agar ruang gerak penipu semakin sempit.

Semoga bermanfaat.

~agungfebri~

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar