Sabtu, 21 April 2012

Teknik Jebol Password Wifi - Hotspot

Untuk para pembaca yang suka iseng pasti akan senang jika menemukan judul di atas berikut teknik-teknik menjebol password wifi. Ya...kenapa saya membuat judul tersebut, hal ini karena saya mengalami kejengkelan yang sangat oleh ulah orang-orang yang iseng melakukan attacking atas perangkat hotspot yang saya kelola.
Hotspot yang saya kelola sebenarnya untuk kalangan sendiri dan memakai password yang tidak terlalu sulit. hanya kombinasi huruf dan angka kurang dari 8 digit. Bukannya tidak mau membuat password dengan keamanan yang lebih kuat, tetapi hal ini semata biar mudah diingat oleh para pengguna di lingkungan kantor.
Akan tetapi, hal ini ternyata malah disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Bukannya memanfaatkan fasilitas hotspotnya, malah melakukan otak-atik atas perangkat hotspotnya.
Pengennya sih mungkin iseng atau hanya ingin melihat konfigurasinya, tetapi yang terjadi malah fatal. Semua konfigurasi malah dirubah dan akibatnya internet tidak dapat connect ke provider.
Yah...kepaksa harus saya lakukan hard reset ke perangkatnya.
Hal ini menjadi pelajaran berharga saya, untuk menjadi administrator yang baik ternyata harus tegaan, password kalau perlu dibuat 25 digit kombinasi huruf besar, huruf kecil dan karakater. Bukannya takut untuk menghadapi orang-orang yang iseng, tetapi memang agar keisengan orang-orang yang tidak bertanggung jawab akan menjadi lebih banyak korbannya.
Semoga cerita diatas menjadi inipratif bagi administrator jaringan pemula, untuk hal yang bersifat security kita memang harus tega.

Semoga bermanfaat.

~agungfebri~

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar