Jumat, 20 April 2012

Penyebab Email Bouncing


Hari ini saya menerima keluhan dari user saya bahwa emailnya mendapat pesan error yang tidak dapat dimengerti. Berikut salah satu cuplikan emailnya:
"content-type: text/plain;
    charset="us-ascii"
Content-Transfer-Encoding: quoted-printable

The following message to xxxxx@yahoo.com was undeliverable.
The reason for the problem:
5.x.0 - Message bounced by administrator"

Kalau dilihat dari pesan errornya email yang dikirim oleh user tersebut tidak sampai ke penerima karena email boucing sehingga oleh mail server di kirim balik.

Penyebab bouncing di email? Ada banyak, diantaranya:
1. Mail Server tujuan tidak berfungsi/tidak bisa dihubungi dalam jangka waktu yang telah di tetapkan oleh Mail Server pengirim.
Misalnya, Mail Server Yahoogroups memiliki toleransi 6 jam untuk pengiriman email yang gagal. Artinya, jika Mail Server Yahoogroups gagal mengirim email ke tujuan, pada saat itu, maka akan terus coba di kirim selama 6 jam. Jika lewat 6 jam masih gagal, maka dianggap mail server tujuan tidak aktif, dan akhirnya di kembalikan/bouncing.
2. Koneksi Internet ke Mail Server tujuan terlalu lambat.
 Jika koneksi Internet ke tempat tujuan terlalu lambat, bisa jadi mail server aktif menerima email, tapi putus sebelum waktunya. Setelah di coba beberapa kali, tetap putus di tengah jalan, maka mail server pengirim akan mengembalikan/bouncing email tersebut ke anda.
3. Email address tujuan salah.
Anda bermaksud kirim email ke "[EMAIL PROTECTED]", tapi salah tulis menjadi "[EMAIL PROTECTED]", hal ini mengakibatkan bouncing juga. Tetapi jika memang ada sebuah perusahan dengan mail server "yahoo.co" dan ada user "abc", maka email tidak bouncing, tetapi akan diterima oleh orang yang salah.
4. Email tujuan melewati kuota mailbox.
Beberapa mail server menerapkan kuota mailbox, misalnya mailbox ISP biasanya berkisar 5-10MB, Gmail sekitar 2.5GB, dsb. Jika isi mail box tujuan sudah sampai pada kuotanya, maka email anda akan ditolak dan dikembalikan lagi/bouncing.

Semoga Bermanfaat.

~agungfebri~


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar