Sabtu, 31 Maret 2012

Page Rank Meningkat Di Blogger

Pagi ini saya terhenyak kaget ketika membuka komputer. Awalnya sih cuman mau cek email di gmail. Secara tidak sengaja saya melihat pagerank dari Alexa untuk blog ini meningkat drastis. Dan pagi ini menjadi 7 digit, padahal bulan-bulan sebelumnya berkisar 8 digit bahkan pernah tidak masuk hitungannya alexa :(. Mungkin bagi pakar SEO pasti akan mencibir, nulis di blog mulai kapan, pagerank naik tahun berapa.
Iya sih... kalau dilihat di history blog ini, awal menulis di blog mulai tahun 2007, tetapi tidak pernah saya update. Kalaupun menulis juga tidak bisa rutin setiap hari. Jangankan setiap hari, seminggu maupun sebulanpun belum tentu. Padahal kalau dirasa akses untuk internet pada tahun-tahun tersebut saya lebih leluasa karena saya bekerja di warnet. Namun mungkin belum waktunya, blog ini tidak bertambah artikel maupun pengunjungnya. Hingga hati saya bergerak untuk menulis lagi dan berbagi ke sesama pembaca, mungkin ada sesuatu yang bermanfaat.
Di artikel saya sebelumnya, pernah menulis untuk menaikan pagerank di mesin pencari google. Kali ini saya mencoba untuk berbagi tips menaikan pagerank di alexa. Sebenarnya sih hampir sama dengan tulisan saya terdahulu, cuman disini saya akan menambahkannya:
1. Sebisa mungkin lakukan udpate tulisan/artikel/content secara rutin. Saya melihat penambahan artikel dalam situs kita merupakan faktor utama pagerank akan naik. Karena ketika mesin pencari menjalankan bot-nya ke situs kita, kalau tidak ada perubahan/penambahan artikel pasti akan malas :).
2. Tulis content yang original. Mungkin kalau pernah browsing teknik menaikan pagerank dari situs lain, pasti akan melihat saran nomor 2 ini. Ya karena content yang original, tidak menjiplak, tidak hanya copy paste, pasti akan cepat di index oleh mesin pencari.
3. Terus lakukan optimasi pada layout maupun content situs. Nah..ini kita membutuhkan sense yang lebih detil karena harus melihat layout seperti apa yang akan cepat terindex di mesin pencari. Seperti blog ini, saya sudah merubah layoutnya hampir 5 kali karena layout-layout sebelumnya saya merasakan tidak ada perubahan yang signifikan untuk traffic pengunjungnya.
Semoga sahring sedikit ini bermanfaat.

~agungfebri~

Artikel Terkait:

2 komentar: