Sabtu, 31 Maret 2012

Mengatasi Suara Bising Pada Komputer Server

Arsitektur hardware pada komputer server memang didesain berbeda dengan komputer PC pada umumnya. Mulai kualitas mainboard sampai daya tahannya. Hal ini karena komputer server akan selalu menyala selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Komputer server juga membutuhkan ruangan yang khusus mulai dari suhu yang sesuai hingga kebersihan akan debu.
Beberapa hari yang lalu, kantor saya melakukan peremajaan server dimana server yang sebelumnya akan digantikan dengan server yang mempunyai spesifikasi lebih tinggi. Hal ini untuk mensupport kebutuhan operasional bisnis perusahaan yang semakin bertambah sehingga membutuhkan mesin yang lebih daripada sebelumnya.
Proses migrasi data dan aplikasipun dilakukan setelah user semua pulang (after office hour). Singkat cerita, setelah migrasi ke mesin server baru, ada keanehan yang terjadi.
Mesin baru ini mengeluarkan suara yang lebih bising dari mesin yang lama. Padahal secara spesikasi jauh lebih tinggi dan lebih bagus daripada yang lama. Awalnya sih saya berasumsi karena baru dinyalakan sehingga membutuhkan putaran kipas/blower yang lebih untuk mengimbangi suhu yang belum stabil. Tiap hari, saya melakukan pengecekan tetapi suaranya bisingnya kok tidak hilang-hilang juga.
Akhirnya saya coba berkonsultasi dengan seorang expert dalam server dan diberitahu bahwa kemungkinan server mengalami "shock arus listrik". Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan shutdowns server dan bongkar hardwarenya. Selanjutnya, cabut semua kabel yang mengarah ke power supply termasuk kabel power utama mainboard. Setelah cabut, maka plug ulang dengan benar. Dan memang benar setelah saya melakukan hal tersebut, ketika server sudah saya nyalakan, suara bising hanya pada proses start up saja. Selang berapa menit, suara bising sudah mulai menurun dan hanya berbunyi layaknya server-server yang lain.

Semoga bermanfaat.

~agungfebri~

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar