Sabtu, 03 Maret 2012

Membuat Password Yang Aman (Secure Password)

Seringkali saya mendapat pertanyaan dari user bagaimana membuat password yang aman, hal ini ketika baru setting UID windows maupun emailnya, karena harus change passwordnya. Biasanya saya spontan akan menjawab gunakan password lebih dari 8 digit, ada huruf besar, huruf kecil dan angka.
Tetapi apakah dengan jawaban saya itu, password yang akan dibuat sudah secure? Apakah ada kemungkinan tidak akan dibobol oleh orang iseng/penyusup dengan mudah?
Disini saya akan mencoba menuliskan teknik membuat secure password yang saya dapat dari beberapa sumber:
-. Jangan menggunakan kata "password". Memang kedengarannya konyol, kalau ada orang yang membuat passwordnya merupakan kata "password" juga. Tapi hal ini mungkin bisa terpikirkan oleh kita.
-. Jangan menggunakan kata yang berhubungan dengan biodata Anda, misal: tanggal lahir, kota asal, bulan lahir, penggalan suku kata nama, dll
-. Jangan menggunakan kata yang muncul di kamus dan buku telepon.
-. Usahakan password dibuat lebih dari 8 digit, semakin panjang password semakin secure
-. Gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil dan angka. Jika password bisa menuliskan karakter huruf (*&%$#@), gunakan kombinasi dengan karakter tersebut. Hal ini untuk mempersulit jika ada yang melakukan penyerangan melalui metode brute attatck dimana penyerang akan mencoba satu-persatu kombinasi huruf,angka dan karakter. Semakin sulit kombinasi, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan passwordnya.
-. Ganti password minimal 1 bulan sekali, meskipun belum tentu password anda dibobol, hal ini untuk tindakan preventif.

Semoga bermanfaat.

~agungfebri~

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar