Sabtu, 03 Maret 2012

Konsep Dasar TCP/IP

Pada dasarnya konsep pengiriman data merupakan pengiriman data dari satu komputer ke komputer lainnya. Untuk dapat mengirimkan data dari komputer A ke komputer B dan sebaliknya, dibutuhkan suatu alat yang disebut sebagai Network Interface. Jenis dari Network Interface ini bermacam-macam mulai dari bentuk fisik (card, dongle, dll) sampai virtual network interface.
Dalam proses pengiriman data,terdapat serangkaian proses yang dilalui dan permasalannya. Mulai dari bahwa data yang dikirim menuju ke tujuan (baca: komputer) yang tepat, data yang utuh (tidak rusak/loss data). Untuk mengantisipasi hal-hal tersebut, perlu adanya aturan yang saling bekerja sama antara satu dengan yang lain. Aturan-aturan ini dalam dunia jaringan sering disebut juga dengan istilah protokol.
Sekumpulan aturan yang mengatur proses pengiriman data ini disebut sebagai protokol komunikasi data.Sedangkan sekumpulan dari protokol komunikasi data yang didesain melakukan fungsinya masing-masing disebut sebagai TCP/IP.
Protokol TCP/IP ini terdiri dari 4 lapisan bertingkat(layer), yaitu:
1. Network Interface Layer, bertanggungjawab sebagai menerima dan mengirimkan data pada media fisik
2. Internet Layer, bertanggungjawab dalam proses mengirimkan data pada tujuan yang tepat
3. Transport Layer, bertanggungjawab mengadakan komunikasi antar 2 komputer/host
4. Application Layer, bertanggungjawab pada aplikasi yang berhubungan langsung dengan end user
Dalam TCP/IP terjadi penyampaian data dari protokol di satu layer ke layer lainnya. Setiap protokol memperlakukan informasi dari layer lain sebagai packet data.
Jika suatu protokol menerima packet data dari protokol lain di layer atasnya, maka prokol tersebut akan memberi header/informasi tambahan miliknya pada packet data tersebut. Setelah itu, packet data ini akan diteruskan pada pada protokol layer di bawahnya.
Hal sebaliknya terjadi ketika protokol menerima packet data dari protokol lain di layer bawahnya. jika data dianggap valid, maka protokol akan melepas header/informasi tambahan tadi kemudian diteruskan ke protokol di layer atasnya.

Semoga bermanfaat.

~agungfebri~

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar