Jumat, 02 Maret 2012

Kenali Error Code Pada Kerusakan Blackberry

Blackberry merupakan salah satu model smartphone yang sangat populer bagi penggemar gadget saat ini, selain smartphone iphone dan smartphone android. Salah satu daya tarik blackberry selain sebagai life style adalah BBM (Blackberry Mesenger) dan aplikasi mail yang cepat conectivitasnya. Diluar semua itu, semua smartphone memiliki keunggulan masing-masing yang disini saya tidak akan membahas itu.
Blackberry merupakan smartphone yang didevelop oleh perusaan bernama Research in Motion atau lebih dikenal dengan singkatan RIM. Pada Ponsel BlackBerry, selain system operasi bawaan BlackBerry juga terdapat Java Virtual Machine (JVM) yang berguna sebagai wadah aplikasi tambahan. JVM ini juga berfungsi mengatur bagian tampilan muka dari BlackBerry. Sehingga kemungkinan kerusakan blackberry pada kedua software ini (Operating System dan JVM).
Kebanyakan error code akibat kerusakan pada software dapat diperbaiki dengan proses wipe. Beruntung di beberapa seri terbaru BlackBerry, proses wipe dapat dijalankan langsung dari menu bawaaan. Para pengguna BlackBerry model lawas bisa melakukan wipe lewat computer dengan tambahan software khusus (Blackberry Desktop Manager). Berikut beberapa code kesalahan di ponsel BlackBerry yang perlu Anda ketahui:
Error Code BlackBerry 101
Kerusakan pada Java Virtual Machine (JVM) yang menyebabkan terjadinya kegagalan start-up. BlackBerry akan memulai kembali proses start-up agar tindakan yang tepat dapat diambil oleh device itu sendiri guna menangani masalah.
Error Code BlackBerry 102
Pada saat start-up, system akan melakukan pengecekan terhadap file-file .cod. Hal ini diperlukan untuk mengetahui modifikasi yang telah dilakukan. Jika terjadi masalah pada file-file .cod tersebut maka BlackBerry tidak akan menyala atau terjadi proses reset terus menerus. Solusinya lakukan tindakan wipe atau mengganti system dengan yang baru.
Error Code BlackBerry 103
Lokasi penempatan file boot.cod tidak ditemukan. Penyebabnya, karena kerusakan pada file tersebut atau memang file belum ter-install. Atasi dengan proses wipe.
Error Code BlackBerry 104
Kode kesalahan exception digunakan untuk menghentikan kesalahan yang sedang terjadi dan ditemukan oleh JVM. Kode kesalahan ini dapat kita ketahui dengan cara menghubungkan BlackBerry ke computer desktop lewat kabel USB. Gunakan fitur Window Event Viewer pada PC untuk melakukan pelacakan aktivitas terdahulu.
Error Code BlackBerry 105
File system API (Application programming interface) menemukan adanya masalah pada operasi tertentu. Kemungkinan disebabkan adanya kerusakan pada file system atau kerusakan pada JVM. Gunakan cara wipe untuk memperbaikinya.
Error Code BlackBerry 106
Ditemukan kerusakan pada system grafik BlackBerry.
Error Code BlackBerry 107
Kerusakan internal pada JVM. Bahasa pemrograman C++ pada JVM melakukan proses coding yang salah. Hal ini berasal dari VRamObject yang menggunakan operator baru. Biasanya terjadi ketika pengguna mengganti ponsel dengan kartu SIM yang sama, tapi hal ini jarang terjadi. Gunakan cara wipe untuk memperbaikinya. Jika tidak bisa, hubungi operator seluler kartu SIM anda.
Error Code BlackBerry 108
Kerusakan internal pada JVM. Bahasa pemrograman C++ pada JVM melakukan coding yang salah. Hal ini berasal dari VRamObject yang operatornya baru saja di delete atau dibuang. Biasanya terjadi ketika pengguna menggunakan kartu SIM berbeda di ponsel yang sama, tapi hal ini jarang terjadi, gunakan cara wipe untuk memperbaikinya.
Error Code BlackBerry 109
Kerusakan internal pada system operasi
Error Code BlackBerry 110
Kerusakan pada system akumulasi penghitungan lama waktu JVM berada dalam posisi diam. Hal ini bisa terjadi lantaran adanya kerusakan pada firmware yang anda gunakan atau kerusakan pada JVM. Kemungkinan juga bisa terjadi karena BlackBerry anda sudah digunakan selama lebih dari 400 hari (waktu device)
Error Code BlackBerry 111
Kerusakan yang ditemukan pada system font BlackBerry anda
Error Code BlackBerry 112
Kerusakan yang dideteksi pada Java Native Code
Error Code BlackBerry 200
Sistem application manager menemukan kerusakan pada salah satu aplikasi dan tidak dapat meneruskan prosesnya.
Error Code BlackBerry 201
Kegagalan pada saat proses membaca system cryptographic dan BlackBerry tidak dapat meneruskan prosesnya.
Error Code BlackBerry 202
Kerusakan pada system kunci/tombol yang telah disimpan sebelumnya dan BlackBerry tidak dapat melanjutkan prosesnya.
Error Code BlackBerry 203
Terjadinya kerusakan total pada bagian konsol dari application manager. Hal ini menyebabkan muncul kode exception yang berakibat berhentinya suatu proses.
Error Code BlackBerry 501
Kode yang digunakan oleh Virtual machine (VM) untuk menginformasikan kerusakan yang terjadi pada internalnya.
Error Code BlackBerry 502
Proses Java yang terakhir dijalankan dihentikan oleh device karena suatu hal tidak ada lagi yang dapat diproses lebih lanjut.
Error Code BlackBerry 503
Kode yang digunakan oleh Virtual Machine (VM) untuk menginformasikan kerusakan yang terjadi pada internalnya.
Error Code BlackBerry 504
Kode yang digunakan oleh Virtual Machine (VM) untuk menginformasikan kerusakan yang terjadi pada internalnya.
Error Code BlackBerry 505
Terjadinya kerusakan pada bagian compiler JIT.
Error Code BlackBerry 506
Munculnya kode kerusakan Java Exception. Seperti telah diinformasikan sebelumnya bahwa kode exception muncul ketika kerusakan yang terjadi pada system telah dihentikan. Kali ini kode tersebut muncul pada JAVA.
Error Code BlackBerry 507
Dependensi atau file-file yang dibutuhkan untuk mendukung jalannya suatu aplikasi tidak ditemukan. Solusi untuk membetulkannya adalah dengan memasukkan ulang file .cod yang dibutuhkan ke dalam BlackBerry.
Error Code BlackBerry 508
Masalah ditemukan oleh perintah debug dari VM.
Error Code BlackBerry 509
Munculnya kerusakan system akibat sebulah file .exe dijalankan berkali-kali sampai melewati batas maksimal yang sanggup ditangani oleh device.
Error Code BlackBerry 510
Kerusakan yang muncul akibat adanya beberapa file di dalam system menunggu munculnya objek yang diperlukan. Hal ini mengakibatkan deadlock atau keadaan diam tanpa proses apapun.
Error Code BlackBerry 511
Kerusakan terdeteksi ketika proses debug sedang berlangsung. Kerusakan ini bisa terjadi karena adanya masalah pada VM datau perintah debug yang dikirim ke VM.
Error Code BlackBerry 512
Kerusakan yang muncul ketika proses pengumpulan file-file yang tidak dibutuhkan berlangsung. Hal ini terjadi karena pengguna device menjalankan sebuah operasi tertentu, missal menekan tombol keyboard, menggeser trackball, dan lain-lain.
Error Code BlackBerry 513
Masalah pada opcode atau operation code tertentu. Problem ini memerlukan eksekusi class lainnya agar dapat meneruskan proses sendiri.
Error Code BlackBerry 514
Class baru telah terdeteksi keberadaannya dan harus dikenali terlebih dahulu oleh constructor sebelum dapat digunakan constructor dalam bahasa pemrograman berfungsi melakukan pengaturan terhadap berbagai jenis objek.
Error Code BlackBerry 515
Kode kerusakan yang muncul akibat sebuah objek tidak dapat ditampilkan secara baik oleh JVM. Hal ini kemungkinan terjadi karena jumlah objek terlalu banyak atau ukuran objek terlampau besar.
Error Code BlackBerry 516
Saat menjalankan “object yang tersimpan” (seperti cookies pada web browser), JVM mendeteksi bahwa counter (object yang berfungsi sebagai penghitung) penyimpanan tersebut telah mencapai limit. Jika ini terjadi maka object tersebut tidak akan dijalankan dan akan muncul critical error. Kesalah ini seharusnya tidak akan terjadi, kecuali jika sebuah device digunakan secara terus menerus selama bertahun-tahun.
Error Code BlackBerry 517
Terdeteksinya ketidakstabilan pada “object yang tersimpan’ (seperti cookies pada web browser) oleh JVM.
Error Code BlackBerry 518
Fase penanda garbage collection (GC) dihentikan melalui longjmp. Ini mengindikasikan bahwa fase penanda diinterupsi. Error ini seharusnya tidak terjadi karena proses dieksekusi saat device tidak dalam kondisi idle atau diam. GC hanya dapat diinterupsi pada saat device sedang idle. Gabage Collection dalam bahasa pemrograman berfungsi sebagai manajemen memori.
Error Code BlackBerry 519
Tidak ditemukannya host JVM atau sedang di nonaktifkan.
Error Code BlackBerry 520
Pernyataan internal system yang mengharuskan sebuah metode dari Java atau kumpulan perintah return Java untuk segera dijalankan.
Error Code BlackBerry 521
Sebuah objek.wait() sedang dijalankan, dan proses tersebut menyebabkan objek lain terkunci. Biasanya ini terjadi pada simulator.
Error Code BlackBerry 522
Sebuah thread mendapatkan dua lock yang tidak terurutan, yang mana salah satu lock tersebut dibutuhkan untuk melanjutkan proses. Hal ini mengindikasikan potensi deadlock. Pemeriksaan hanya dapat dilakukan pada simulator, menggunakan aplikasi switch JvmDebugLocks.
Error Code BlackBerry 523
Berhentinya suatu proses penting di dalam Java karena sesuatu hal sehingga mengakibatkan device tidak dapat digunakan secara normal.
Error Code BlackBerry 524
Ditandainya sebuah objek sebagai file recovery oleh low memory manager, tapi tidak dapat digunakan pada situasi garbage collection (GC). Hal ini hanya terdapat pada simulator yang ditangani oleh aplikasi JVMDebugLMM.
Error Code BlackBerry 525
Rusaknya “objek yang tersimpan”. Proses auto-commit yang dijalankan selama garbage collection telah mendeteksi suatu objek yang tidak dapat dicapai dari tempat penyimpanan root.
Error Code BlackBerry 526
Tidak ditemukannya objek java.lang
Error Code BlackBerry 527
Tidak ditemukannya string java.lang.
Error Code BlackBerry 528
Kode kesalahan yang muncul akibat adanya kerusakan pada system file. Hal ini mengakibatkan data di device tidak dapat dikembalikan seperti semula.
Error Code BlackBerry 529
Kode kesalahan yang muncul akibat adanya kerusakan pada system file. Sistem berupaya mengembalikan data semampunya. Namun tidak semua data dapat dikembalikan dengan sempurna.
Error Code BlackBerry 530
Kode kesalahan ini menunjukkan objek yang berlebihan pada native JVM. Native merupakan metode berbagi kode-kode. Jumlah objek yang dapat dilindungi melalui garbage collection sudah dibatasi dalam hitungan tertentu. Jika terjadi kelebihan kapasitas maka akan muncul kode kesalahan.
Error Code BlackBerry 531
JVM juga menggunakan memori flash untuk melakukan prosesnya. Jika JVM mendeteksi kapasitas pada memory flash sudah memet atau tidak mencukupi lagi maka akan muncul kode kesalahan ini.
Error Code BlackBerry 532
Proses JVM assertion telah dilanggar. Tapi anda tidak perlu khawatir karena kode kesalahan ini hanya akan muncul pada bagian simulator dan bukan pada device yang sebenarnya.
Error Code BlackBerry 533
Kode ini biasanya digunakan oleh EMAScript secara internal untuk memanggil Java Methode
Error Code BlackBerry 534
Kode kesalah yang digunakan secara internal untuk mengindikasikan bahwa fitur reset secara cepat tidak tersedia.
Error Code BlackBerry 535
Sebuah kode kesalahan yang menunjukkan kerusakan virtual machine sehingga tidak dapat digunakan lagi.
Error Code BlackBerry 536
Kode ini digunakan secara internal untuk mengindikasikan VM structure melewati address yang salah atau mengalami kerusakan.

Semoga bermanfaat.

~agungfebri~

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar