Kamis, 01 Maret 2012

Etika Berinternet Di Milis/ Forum


Jaman sekarang siapa sih yang tidak kenal dengan facebook, twitter atau aplikasi jejaring sosial lainnya. Semua ini adalah ledakan dari perkembangan dunia internet sebagai sarana komunikasi dan interaksi. Yang namanya interaksi, pasti ada suatu aturan atau etika yang akan disepakati bersama agar tidak terjadi mis-komunikasi dan tidak ada yang merasa dirugikan. Istilah etika berkomunikasi/berinteraksi di dunia maya dikenal sebagai 'netiket' atau nettiquette.
Berikut beberapa Netiket dalam berkomunikasi dalam dunia maya yang dalam hal ini pada suatu forum atau mailing list:
1. Jangan Gunakan Huruf Kapital, Karena penggunaan karakter huruf bisa dianalogikan dengan suasana hati si penulis. Huruf kapital mencerminkan penulis yang sedang emosi, marah atau berteriak. Tentu sangat tidak menyenangkan tatkala Anda dihadapkan dengan lawan bicara yang penuh dengan emosi bukan? Walau begitu, ada kalanya huruf kapital dapat digunakan untuk memberi penegasan maksud. Tapi yang harus dicatat, gunakanlah penegasan maksud ini secukupnya saja, satu-dua kata dan jangan sampai seluruh kalimat/paragraf karena Anda bisa dianggap sedang marah dalam milis.
2. Gunakan kutipan seperlunya, Ketika anda ingin memberi tanggapan terhadap postingan seseorang dalam satu forum, maka sebaiknya kutiplah bagian terpentingnya saja yang merupakan inti dari hal yang ingin anda tanggapi dan buang bagian yang tidak perlu. Jangan sekali-kali mengutip seluruh isinya karena itu bisa membebani bandwith server yang bersangkutan dan bisa berakibat kecepatan akses ke forum menjadi terganggu.
3. Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda secara pribadi (private message, japri), Anda tidak sepatutnya mengirim/menjawabnya kembali ke dalam forum umum. Hal ini kemungkinan karena pengirim memang menginginkan khusus Anda saja yang dapat membaca.
4. Hati-hati terhadap informasi/berita hoax. Tidak semua berita yang beredar di internet itu benar adanya. Seperti halnya spam, hoax juga merupakan musuh besar bagi para kebanyakan netter. Maka, sebelum anda mem-forward pastikanlah terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin anda kirim itu adalah benar adanya. Jika tidak, maka anda dapat dianggap sebagai penyebar kebohongan yang akhirnya kepercayaan orang-orang di sekitar anda pun akan hilang. Sekira Anda dapat menyertakan link sumber dari mana berita itu berasal
5. Ketika Harus Menyimpang Dari Topik (out of topic/ OOT) Ketika Anda ingin menyampaikan hal yang diluar topik (OOT) berilah keterangan, supaya subject dari diskusi tidak rancu. Beberapa milis menyediakan hari-hari khusus untuk diperbolehkan mengirim email yang bersifat OOT, taati dan pergunakan waktu tersebut jika Anda memang menginginkan mengirim pesan yang bersifat OOT.
6. Hindari Personal Attack (menyudutkan salah seorang member milis), Ketika anda tengah dalam situasi debat yang sengit, jangan sekali-kali Anda menjadikan kelemahan pribadi lawan sebagai senjata untuk melawan argumentasinya. Sebab, ini hanya akan menunjukkan seberapa dangkal pengetahuan anda. Lawan argumentasi hanya dengan data/fakta saja, sedikit langkah diplomasi mungkin bisa membantu. Tapi ingat, jangan sekali-kali menggunakan kepribadian lawan diskusi sebagai senjata sekalipun ia adalah orang yang Anda benci. Budayakan sikap Diskusi yang sehat, bukan debat kusir.
7. Kritik dan Saran yang Bersifat Pribadi Harus Lewat PM (Personal Message, japri). Jangan mengkritik seseorang di depan forum. Ini hanya akan membuatnya rendah diri. Kritik dan saran yang diberikan pun harus bersifat konstruktif, bukan destruktif. Beda bila kritik dan saran itu ditujukan untuk anggota forum secara umum atau pihak moderator dalam rangka perbaikan sistem forum, Anda boleh mempostingnya di dalam forum selama tidak menunjuk orang per orang tertentu (point 6).
8. Jangan memposting suatu hal yang bersifat menghina:
- Agama
- Ras
- Gender
- Status sosial
- Dsb yang berpotensi menimbulkan debat kusir yang mengarah ke situasi yang emosional seluruh member.
9. Sekiranya ingin bertanya, bertanyalah dengan baik, yaitu :
- Gunakan bahasa yang sopan.
- Jangan asumsikan bahwa Anda berhak mendapatkan jawaban.
- Beri judul yang sesuai dan deskriptif
- Tulis pertanyaan anda dengan bahasa yang baik dan mudah dimengerti.
- Buat kesimpulan setelah permasalahan anda terjawab
- Jangan membajak thread/judul orang lain

Semoga kita semua bisa bermilis dengan santun dan baik adanya dan semoga bermanfaat.

~agungfebri~

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar