Rabu, 15 Februari 2012

Notebook Ngeblank Setelah Baterai Ngedrop (Tidak Bisa Booting)


Pagi ini seorang teman tergopoh-gopoh ke meja kerja saya dan menceritakan jika notebooknya problem tidak dapat booting windows. Kejadiannya semalam dia bekerja dengan notebook dan ketiduran sehingga tidak sempat tahu kalau notebooknya tidak menggunakan adaptor. Pagi-pagi bangun tidur, notebook sudah kondisi mati karena ngedrop baterai.
Secepatnya, dicarikan power adaptor dan dilakukan charging akan tetapi notebook masih tidak bisa dinyalakan. Hanya layar hitam saja tanpa bisa masuk ke BIOS.
Saya mencoba menyalakan dan memang notebook tidak memberi respon sama sekali. Di tekan tombol power seperti masih mati total. Sempat berasumsi jika problem hardwarenya (antara replace processor atau mainboardnya). Tetapi kalau dihubungan dengan kronologis kejadian, hanya dengan kehabisan baterai (ngedrop), hal ini tidak masuk akal.
Akhirnya coba bongkar baterai, dengan asumsi buang arus dan coba pasang lagi. Apa yang terjadi???
Notebook sudah kembali berjalan dengan normal. Tanpa harus bongkar-bongkar perangkat yang laen. Ya..itulah namanya troubleshoot... hal yang kadangkala ga mungkin menjadi solusi yang mungkin. Kuncinya keep hard learning dan trying....

Semoga bermanfaat.

~agungfebri~

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar