Senin, 27 Februari 2012

Cara Atasi CPU Zyrex Mati / Nge-blank Karena Overclocking


Pagi ini salah satu komputer di kantor mengalami problem tidak bisa start up. Sudah dilakukan turn on dan coba plug-unplug kabel power tetapi tetap tidak mau menyala. Layar hanya blanked padahal lampu power menyala. CPU tersebut merupakan CPU build up merk Zyrex dengan operating system Windows XP SP3.
Seperti yang saya tulis di artikel sebelumnya, untuk coba test power supply apakah masih bagus atau tidak, dan hasilnya power supply normal. Coba cek memory dan dapat dipastikan bagus, karena memory dicoba di PC lain bisa berjalan dengan normal.
Suspect awal adalah mainboard problem karena kondisi memory, power supply, processor dan HDD masih bagus. Tetapi saya tidak yakin dengan analisa awal saya, karena mainboard yang digunakan dari pabrikan ASUS dimana saya percaya kehandalan produk mainboard-nya [asli bukan promosi ini :) ].
Akhirnya saya iseng cari-cari di google akan kemungkinan yang terjadi dengan indikasi seperti di atas. Dan saya menemukan salah satu sebabnya adalah overclocking yang gagal.
Solusinya adalah mengembalikan settingan BIOS dan lain lain ke proses semula. Lalu bagaimana caranya???
Iseng, saya cabut semua yang menempel pada mainboard mulai dari kabel power utama, memory, processor, kabel data HDD dan CD ROM, sampai semua bersih tidak ada yang menempel pada mainboard. Dan terkahir adalah lepas baterai CMOS dan coba di diamkan selama 15 menit dan kemudian dipasang kembali.
Setelah semua terpasang kembali, saya coba turn on dan layar monitor mulai menunjukan tanda-tanda kehidupan dengan isi pesan kurang lebih telah terjadi overclocking dan gagal. Hah... kok bisa?? Padahal CPU buat bekerja wajar-wajar aja tanpa saya buat yang aneh-aneh apalgi over clocking.
Selidik punya selidik ternyata hal ini disebabkan temperatur dalam CPU terlalu panas yang memaksa processor untuk kerja lebih keras pada kipas processornya. Dan entah bagaimana, sampai akhirnya processor melakukan overclocking sendiri tetapi gagal.
Mungkin disini ada pembaca yang lebih expert ketika ada problem overclocking pada CPU yang gagal dan cara mengembalikan ke keadaan semula, silakan dishare disini.

Semoga bermanfaat.

~agungfebri~

Artikel Terkait:

1 komentar: