Selasa, 31 Januari 2012

Domain-based Message Authentication Reporting And Conformance (DMARC) Sebagai Standar Pemblokiran Email Berbahaya


Membaca berita dari kompas.com, bahwa perusahaan teknologi informasi mulai memberlakukan standar baru dalam hal pengiriman email/ pertukaran data. Perusahaan tersebut antara lain: google, facebook, microsoft, yahoo, paypal dan beberapa perusahaan ICT kelas dunia lainnya. Stadar tersebut adalah Domain-based Message Authentication Reporting and Conformance atau disingkat DMARC.
Standar DMARC meruapakan spesifikasi technikal yang dirumuskan oleh sejumlah organisasi ICT dunia yang memginginkan email bersih dari serangan phising, spam, dan konten berbahaya lainnya.
Phising terjadi biasanya ketika seseorang menerima alamat email yang tidak diketahui identitasnya yang berisi sebuah link. Dimana link tersebut mengarah ke suatu web/situs yang sudah berisi script-script jahat. Web phising bertujuan untuk mencuri data pribadi pengguna dengan seolah-olah menjadi web organisasi resmi (contoh : web banking, web maskapai penerbangan, promo hotel, dll)
Dengan metode DMARC, semua email akan diverifikasi terlebih dahulu baik dari sisi sender maupun recipient sehingga proses perjalanan suatu email menjadi lebih secure.

Semoga bermanfaat.

~agungfebri~

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar