Selasa, 01 Februari 2011

Gejala Komputer yang Terjangkit Virus Ramnit

Jakarta - Meski terbilang baru, namun virus Ramnit menyebar dengan sangat cepat. Berikut adalah ciri-ciri komputer yang terjangkit virus tersebut dari keterangan yang diterima detikINET, dari vaksincom, Selasa (1/2/2011).

1. Virus akan membuat browser Internet Explorer menampilkan halaman yang berisi penawaran iklan, game, dan terkadang gamabar porno dalam jumlah yang banyak secara terus menerus selama komputer terkoneksi internet.

2. Gejala selanjutnya adalah, icon removable media berubah menjadi icon folder. Setelah itu pengguna tidak dapat mengakses flashdisk tersebut dengan peringatan Access is denied. Dan terakhir muncul pula pesan Compressed (zipped) Folders pada saat mengklik drive tersebut.

3. Muncul banyak file dengan nama file 'Copy of Shortcut to (1).lnk' s/d 'Copy of Shortcut to (4).lnk' di flashdisk pengguna. File ini digunakan oleh virus untuk menggandakan dirinya ketika dieksekusi pengguna.

4. Salah satu hal yang unik dan membuat virus ini sangat mudah aktif dan sulit dibasmi adalah setiap kali user melakukan klik kanan. Selain menampilkan menu klik kanan, secara tidak langsung pengguna komputer juga telah menjalankan virus ini.

Selain ciri-ciri tersebut, perlu diketahui juga bahwa Ramnit juga memiliki file induk yang sudah dipersiapkan di direktori [%USB Flash%:\RECYCLER\%nama_acak%.exe].

Virus ini juga akan menjangkit file berekstensi exe, dan setiap file exe yang terinfeksi akan mempunyai ukuran 107KB lebih besar dari ukuran awalnya. Selain itu Ramnit akan menduplikasikan file tersebut di dalam folder yang sama.

Sumber: http://www.detikinet.com/read/2011/02/01/121316/1557857/323/ciri-komputer-yang-terjangkit-virus-ramnit/?i991103105

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar