Sabtu, 06 Oktober 2007

Skripsi Bab I

PERANCANGAN APLIKASI AKADEMIK
KARTU HASIL STUDI DI STT POMOSDA DENGAN MENGGUNAKAN WAP


1.1. Latar Belakang
Berkembangnya teknologi internet saat ini memungkinkan pengaksesan internet tidak hanya melalui sebuah komputer, melainkan juga dapat dengan menggunakan device atau alat lain, seperti halnya telepon seluler, PDA (Personal Digital Assistance), smartphone, dan sebagainya. Hal ini dapat dilakukan dengan adanya wireless internet access yang memungkinkan pengaksesan internet dengan menggunakan alat-alat tersebut.
Perkembangan teknologi ini didukung penuh oleh para produsen telepon seluler melalui suatu standar Wireless Application Protocol (WAP), sehingga telepon seluler yang dilengkapi dengan fasilitas WAP dapat melakukan akses ke dalam internet.
Singkatnya, teknologi WAP memungkinkan para pengguna telepon seluler melalukan akses intenet dan menggunakan berbagai macam fasilitas yang ada di internet maupun aplikasi-aplikasi lainnya dalam berbagai bidang antara lain dalam dunia pendidikan, khususnya Perguruan Tinggi.
Sejalan dengan perkembangan webserver dan pendukung-pendukungnya, kini semakin banyak universitas di Indonesia yang mulai mengupayakan untuk menyediakan server web untuk keperluan penyajian informasi dan sekaligus menjadi media promosi bagi universitas tersebut. Salah satu penerapan yang dapat memberikan nilai tambah bagi pemanfaatan server web adalah ketersediaan fasilitas bagi mahasiswa untuk mendapatkan informasi akademis melalui halaman web yang dapat juga diakses melalui telepon seluler.
STT POMOSDA merupakan salah satu Perguruan Tinggi Teknik di wilayah Nganjuk memerlukan suatu aplikasi akademik yang dapat menampilkan nilai Kartu Hasil Studi secara real time dan akurat yang dapat diakses oleh mahasiswa tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Untuk itu diperlukan suatu mekanisme penyajian data yang sederhana yang memudahkan mahasiswa untuk melihat Kartu Hasil Studinya tanpa harus ke bagian pelayanan administrasi akademik sehingga prinsip paperless dapat dioptimalkan.
Mekanisme tersebut adalah sebuah aplikasi yang mampu menyajikan data dengan memanfaatkan protokol WAP, sehingga aplikasi tersebut bisa diakses tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu melalui telepon seluler yang mempunyai fasilitas WAP browser dan GPRS (General Packet Radio Service, pada teknologi CDMA dikenal dengan istilah PDSN (Packet Data Serving Node)).

1.2. Maksud dan Tujuan
Maksud dari penulisan skripsi ini adalah agar dapat memperoleh informasi akademis dimanapun pengaksesnya tanpa harus berada di depan komputer yang terhubung internet atau dating langsung ke bagian pelayanan administrasi akademik STT POMOSDA.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penyusunan skripsi ini adalah :
a. Bagi Penulis
- Untuk memenuhi salah satu syarat yang harus ditempuh dan dilaksanakan oleh calon sarjana Strata Satu (S-1) dalam menyelesaikan masa pendidikan pada Sekolah Tinggi Teknologi Pondok Moden Sumber Daya At-Taqwa.
- Dapat menerapkan teori dan praktek yang didapat selama masa perkuliahan di STT POMOSDA dengan pendekatan problem-solving.
b. Bagi Pengguna
Dapat memperoleh informasi mengenai Kartu Hasil Studi (KHS) di STT POMOSDA tanpa harus datang ke bagian pelayan administrasi akademik atau di depan komputer yang terhubung internet. Pengguna bisa mengakses nilai KHS hanya dengan ponsel yang memiliki fasilitas GPRS.

1.3. Batasan Masalah
Skripsi ini membatasi permasalahan pada aplikasi WAP yang dibuat yaitu:
- Sistem informasi akademik yang akan ditampilkan berupa report kemajuan KHS mahasiswa STT POMOSDA

1.4. Metode Penulisan
Dalam penulisan skripsi ini digunakan beberapa cara dalam melakukan pengumpulan data, yaitu:
1. Kepustakaan
Dalam metode ini digunakan landasan teori dari beberapa buku dan referensi yang berhubungan dengan topik yang akan dibahas. Selain beberapa buku sebagai sumber pustaka didapatkan juga dari situs-situs internet (open source).
2. Observasi/ Pengamatan
Melakukan pengamatan langsung di lapangan, yaitu di Bagian Pelyanan Adminitrasi dan Akademik Kemahasiswaan (BAAK) STT POMOSDA, Jl KH. Wachid Hasyim No. 375 Tanjunganom, Nganjuk, Jawa Timur.
3. Wawancara Langsung
Melakukan wawancara langsung dengan narasumber staf adminitrasi akademik STT POMOSDA.

1.5. Sistimatika Penulisan
Sistematika penulisan skripsi ini terbagi menjadi 5 (lima) bab, yaitu:
BAB I PENDAHULUAN
Berisi latar belakang, masalah, tujuan penulisan, pembatasan masalah, waktu dan tempat serta metode dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Teori mengenai TCP/IP sebagai bahasa/protokol standar komunikasi antar komputer, WAP sebagai standar protokol teknologi nirkabel, WML sebagai bahasa script yang mendukung aplikasi WAP, MySQL server sebagai database, Apache sebagai web server dan PHP sebagai bahasa pemograman internet
BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI
Pada bab ini memuat uraian dari hasil analisis terhadap sistem yang berjalan beserta kekurangan dan kelebihannya, kemudian diikuti dengan analisis aplikasi yang dirancang beserta cara kerja dan fitur yang ada, algoritma dari program, perangkat yang digunakan dalam pembuatan aplikasi serta perancangan tampilan aplikasi dalam bentuk WAP site
BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI APLIKASI AKADEMIK KARTU HASIL STUDI DI STT POMOSDA DENGAN MENGGUNAKAN WAP
Bab ini akan memuat implementasi Wireless Application Protocol (WAP) pada Program Aplikasi Akademik Kartu Hasil Studi STT POMOSDA serta konfigurasi yang digunakan.
BAB V PENUTUP
Bab ini berisikan kesimpulan yang memuat gambaran umum tentang pengembangan Aplikasi Akademik Kartu Hasil Studi STT POMOSDA serta saran untuk pengembangan selanjutnya.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar